Skip to main content

Siapkan Hal Ini Saat Bernegosiasi

                                        Source: medium.com

Kemaren udah belajar LinkedIn, sekarang kita lanjut belajar skill yang nggak kalah penting untuk pekerjaan dan kehidupan pribadi, yaitu negosiasi. Kali ini ditemani oleh seorang aktivis muda dengan latar belakang psikologi yang berhasil mendirikan berbagai gerakan pemuda diantaranya Turun Tangan Binjai dan Sanggar Kreativitas Teras Budaya.

Apa sih yang dimaksud dengan Negosiasi?

Menurut KBBI, negosiasi adalah proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang lain.

Negosiasi sebenarnya bukan sesuatu yang eksklusif, namun hal sangat erat di dalam kehidupan manusia karena dipakai hampir setiap hari. Misalnya dalam organisasi ketika kamu sedang berunding untuk melakukan kerja sama dengan sebuah instansi atau perusahaan untuk menghadirkan pembicara atau menjadi fundraiser yang pada akhirnya memberi keuntungan bagi kedua belah pihak.

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat bernegosiasi?

1. Pengetahuan

Ketika melakukan negosiasi, tentunya ada tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itu, perlu mengantongi sebanyak-banyaknya informasi terkait hal yang akan dinegosiasikan secara detil. Hal ini membantu negosiator agar siap menjawab berbagai pertanyaan yang muncul terkait ide atau kesepakatan yang ingin dicapai.

2. Target Mitra

Menelusuri mitra mana saja untuk menjadi target negosiasi itu sangat penting. Karena tidak semua pihak bisa dijadikan mitra. Lalu, lakukan riset tentang latar belakang, program, dan kegiatan yang mitra sedang dan akan jalankan. Gunanya adalah menemukan kecocokan antara tujuan negosiator dengan program mitra apa saja yang memungkinkan untuk melakukan kerja sama. Sehingga tercipta kondisi saling menguntungkan antara kedua pihak.

3. Jadi Pendengar yang Baik

Negosiator sudah pasti harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Namun negosiator bukan hanya seorang pembicara yang baik tapi juga pendengar yang baik. Ingat, negosiasi dilakukan bukan hanya untuk mencapai tujuan negosiator, namun harus mempertimbangkan keinginan mitra. Seorang negosiator haruslah fleksibel, harus bisa menyesuaikan keinginan pribadi dengan mitra.

Buatlah mitra merasa negosiator dapat memenuhi kebutuhan dan aspirasi mereka. Hal ini agar tercipta kesan bahwa negosiasi ini bukan semata-mata menguntungkan sepihak, tapi menguntungkan kedua belah pihak.

4. Kreativitas Berpikir

Bernegosiasi tak cukup dengan satu cara dan gagasan karena mitra bisa saja belum setuju dengan kesepakatan yang ditawarkan negosiator. Sama dengan meyakinkan pembeli untuk membeli sebuah produk, berbagai jurus ampuh marketing harus bisa dikeluarkan untuk meyakinkan pembeli bahwa produk ini harus mereka beli.

Oleh karena itu, kreativitas berpikir sangat diperlukan dengan cara menyusun berbagai alternatif penawaran. Pastinya alternatif penawaran lainnya tetap harus memperhatikan keuntungan yang didapatkan oleh mitra.

Supaya mahir bernegosiasi, apa tips dan triknya?

1. Perbanyak Membaca

Tak dipungkiri, membaca menambah wawasan dan perbendaharaan kata. Perbanyak baca buku, artikel, dan bacaan apapun untuk memperluas jendela pengetahuan. Karena saat bernegosiasi, seorang negosiator dituntut untuk dapat merespon, bertanya, dan menawarkan alternatif lainnya secara cepat dna tepat kepada mitra kerja sama.

Oleh karena itu menambah pengetahuan lewat membaca akan memudahkan kamu bernegosiasi. Siapkan data untuk mendukung informasi yang kamu sampaikan agar mitra yakin dan negosiasi pun berhasil.

2. Perbanyak Diskusi dengan Orang Lain

Sering berdiskusi dengan orang lain bisa menambah pengetahuan dan wawasan kamu agar dapat melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang. Seringnya berkomunikasi dengan lawan bicara membuatmu belajar cara merespon pernyataan dan pertanyaan beragam. Ini menjadi bentuk latihan negosiasi. Ini penting karena nantinya jika kamu bernegosiasi, bisa jadi hal tersebut sudah pernah kamu diskusikan sebelumnya. Itu akan sangat membantu memberi referensi.

Selain itu, kebiasaan berdiskusi juga membuatmu memahami berbagai ekspresi orang yang menandakan mereka setuju atau tidak, ragu-ragu, bahkan belajar bagaimana cara meyakinkan lawan diskusi agar sepakat dengan idemu.

Setelah mengenal negosiasi dari penjelasan di atas, semoga tips-tips tersebut bisa membantu kamu menjadi negosiator yang lebih baik ya, gengs! Untuk dapat informasi seputar tips dan trik menarik lainnya, pantengin terus blog ini yah. Jangan sampai ketinggalan!

 

Comments

Popular posts from this blog

Dapat Beasiswa Pelatihan Karir Digital Talent Scholarship dari Kominfo x Rakamin

digitalent.kominfo.go.id Terhitung dari tahun lalu hingga sekarang, sudah setahun aku memegang akun media sosial sebuah kursus bahasa asing online bernama @daretotry_id yang didukung oleh BibitBahasa sebagai content creator akun tersebut. Dare to Try sendiri menyediakan program belajar bahasa Inggris, bahasa Korea, dan bahasa Jepang. Ntar aku bahas sendiri yah, hihi. Tiba-tiba di suatu siang, WhatsApp ku berbunyi tanda chat masuk. Ternyata kakakku mengirimkan sebuah flyer berisi program beasiswa belajar Digital Marketing. Program itu bernama Digital Talent Scholarship yang diselenggarakan oleh Kominfo bekerja sama dengan startup pendidikan bernama Rakamin. Awalnya aku sempat ragu untuk mendaftar. Tapi setelah berpikir panjang, aku ikut seleksinya karena aku ingin mengoptimasi akun sosial media yang aku pegang untuk meningkatkan brand awareness dan mendatangkan banyak conversion. Apa itu Rakamin? rakamin.com Rakamin adalah salah satu startup pendidikan berbasis online yang berfokus p

Career Shifting Digital Marketing di Rakamin Academy

sumber: beritakubaru “Aku mau punya karir di bidang digital”, kata-kata ini jadi awal mula atas keputusan impulsif yang aku buat awal tahun 2022: career shifting , mengubah jalan karir di dunia digital. Ini bukan kali pertama aku bergelut dalam dunia digital. Sudah setahun berjalan membuat konten harian di Instagram dengan ilmu desain grafis yang cetek. Hanya bermodal percaya diri dan kemampuan desain seadanya. Tapi aku suka. Entahlah, sesuatu yang kita suka membuat kita bertahan. Akhirnya, aku memutuskan untuk mengasah kemampuan di bidang digital marketing lebih dalam lagi. Berdasarkan laporan dari World Economic Forum Tahun 2021 yang bertajuk The Future of Job, digital marketing and strategy specialist masuk ke dalam 10 jenis pekerjaan paling dicari . Ini berarti digital marketing adalah salah satu bidang pekerjaan yang akan semakin dipakai di era teknologi yang makin canggih ini. Setelah berbagai pertimbangan, akhirnya aku memutuskan untuk memilih Bootcamp Digital Marketing Rak

4 Destinasi Di Tangkahan Yang Wajib Dikunjungi!

Konserasi Gajah Tangkahan Keindahan Tangkahan memang tak ada habisnya. Meski jauh di pedalaman dan butuh perjuangan untuk sampai ke sana, tapi percayalah hasilnya tak mengecewakan.     Selama 2 hari 1 malam di Tangkahan, apa saja yang menjadi destinasi wisata di The Hidden Paradise itu? Simak di bawah ini! 1. Konservasi Gajah CRU, Tangkahan (sumber: jendelamamak.com ) Tangkahan adalah salah satu lokasi konservasi atau penangkaran gajah di Sumatera Utara. Berwisata ke Tangkahan tak sah rasanya bila tidak mengunjungi tempat konservasi gajah ini. Salah satu aktivitas bersama gajah adalah Elephant Bathing atau memandikan gajah. Biasanya dimulai jam 8.30 pagi. Tentu saja ada Mahot alias pawang gajah yang selalu berada di dekat gajah. Jadi jangan khawatir. Setiap orang dikenakan tarif Rp. 100.000 untuk elephant bathing di sungai. Selain memandikan gajah, kamu juga bisa naik gajah dengan tarif Rp. 30.000 per orang dan trekking mengelilingi hutan bersama gajah seharga Rp. 650.000 – Rp. 850.000