Skip to main content

Dapat Beasiswa Pelatihan Karir Digital Talent Scholarship dari Kominfo x Rakamin

digital talent scholarship
digitalent.kominfo.go.id

Terhitung dari tahun lalu hingga sekarang, sudah setahun aku memegang akun media sosial sebuah kursus bahasa asing online bernama @daretotry_id yang didukung oleh BibitBahasa sebagai content creator akun tersebut. Dare to Try sendiri menyediakan program belajar bahasa Inggris, bahasa Korea, dan bahasa Jepang. Ntar aku bahas sendiri yah, hihi.

Tiba-tiba di suatu siang, WhatsApp ku berbunyi tanda chat masuk. Ternyata kakakku mengirimkan sebuah flyer berisi program beasiswa belajar Digital Marketing. Program itu bernama Digital Talent Scholarship yang diselenggarakan oleh Kominfo bekerja sama dengan startup pendidikan bernama Rakamin.

Awalnya aku sempat ragu untuk mendaftar. Tapi setelah berpikir panjang, aku ikut seleksinya karena aku ingin mengoptimasi akun sosial media yang aku pegang untuk meningkatkan brand awareness dan mendatangkan banyak conversion.

Apa itu Rakamin?

Rakamin academy
rakamin.com

Rakamin adalah salah satu startup pendidikan berbasis online yang berfokus pada pendidikan berupa pelatihan untuk menyiapkan talenta-talenta digital di Indonesia. Menurut expertise digital yang bekerja di perusahaan maupun startup teknologi, terdapat gap antara kebutuhan pekerja digital dengan kemampuan yang mereka miliki.

Oleh karena itu, dengan adanya wadah belajar dan berlatih secara langsung, diharapkan dapat mencetak talenta-talenta digital yang siap untuk memasuki dunia kerja.

Pelatihan yang Tersedia

Saat itu ada 3 spesialisasi yang dibuka yaitu: Social Media Specialist, SEO & SEM Specialist, dan E-commerce Specialist. Setelah membuat pertimbangan, aku memutuskan untuk mengambil Social Media Specialist karena sejalan dengan role yang sedang kujalani.

Rangkaian Seleksi Beasiswa

Namanya beasiswa, tidak semua orang bisa mendapatkannya. Ada beberapa rangkaian seleksinya yaitu tes tertulis dan studi kasus seputar Social Media.

Tak lama setelah tes tersebut itu, aku dikirimkan email berisi "Congratulations! Kamu terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa Digital Talent Scholarship."

Deg-deg.. Sumpah kaget banget!!! Karena waktu tes kemaren ngerasa nggak optimal dan liat yang lain bagus-bagus juga. Ngerasa bersyukur banget dikasih kesempatan buat belajar lagi dan dapat lingkungan baru lagi--which is sesuatu yang selalu bikin "nagih".

Apa aja yang dipelajari di course Social Media Specialist? Banyak banget mulai dari Content Creation, Content Planning, Social Media Automation Tools, Social Media Analysis dan Audit, dll.

Tutor-tutor Rakamin Academy

Nggak usah diragukan lagi, tutor-tutor di Rakamin adalah orang-orang yang ahli di bidangnya masing-masing dan memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam bidang digital di berbagai perusahaan. Para tutor bekerja di berbagai industri seperti Bukalapak, Starbucks, Grab, Gojek, Traveloka, dll.

Proses Belajar

Belajar di Rakamin
Sesi QnA bersama tutor

Pelatihan ini diadakan selama kurang lebih 3 bulan, mulai dari bulan April 2021 hingga Juni 2021. Kelas diadakan via Zoom setiap hari Sabtu dan Minggu pagi. Kalo boleh ngeluh, kadang keteteran banget tiap Sabtu pagi jam 8 harus udah standby tiap minggunya, hehe. Selalu ada konsekuensi dibalik setiap pilihan. Jadi mau nggak mau harus dihadapi dengan semangat.

Di akhir semua sesi, kami diberi tanggung jawab menyelesaikan final project yang dibagi ke dalam beberapa kelompok. Tugas kami adalah mengoptimasi media sosial UMKM secara langsung dengan budget yang disediakan oleh Rakamin. Kami mendapatkan UMKM yang menjual teh artisan atau teh yang sudah dicampur dengan bahan lainnya seperti bunga krisan, telang, dll bernama @Westjava_Mahakaya. Kelompok kami dimentori oleh Mas Brama, Social Media Country Lead di Grab.

Optimasi yang kami lakukan adalah berupa menjelaskan permasalahan bisnis, menentukan buyer persona, pembuatan content planning and creation, menjalankan iklan berbayar atau paid ads, dan mencari micro Key Opinion Leader (KOL) atau lebih dikenal dengan sebutan influencer.

Project ini berjalan selama 2 minggu. Alhamdulillah kami bisa membantu menaikkan followers dan penjualan. Seluruh optimasi dan laporannya kami buat dalam satu presentasi kelompok untuk dijelaskan di hadapan para juri. Setelah presentasi, akan ada pengumuman kelompok terbaik dan siswa terbaik untuk setiap kelas.

Aku kira kami akan memenangkan project itu. Tapi ternyata, cukup memenangkan hatiku saja. 

Comments

LinRaNa Mom said…
Senangnya ada kesempatan belajar lagi..
Belajar digital lagi....
Pengen tapi selalu terkendala waktu hiks
Projek ini untuk usia berapa cut?

Jadi tertarik juga mengikutsertakan anak gadis kami si Yumna.

Syarat-syarat mendapatkan beasiswa gimana?
jadi pengen belajar, biar gak gaptek emaknya. Pelatihan online, syarat syaratnya apa aja kak?
Menarik juga ini unt join, apalagi kl dapat beasiswanya hehe. pengen bgt belajar Digital Marketing. semoga saya bisa ikut Program Digital Talent Scholarship by Rakamin. Amin
RELASIPARADIGMA said…
Keren juga ya belajar sambil dapat beasiswa, semoga kegiatan seperti ini bisa bertahan lama
jendelamamak said…
Eh, dapet rakamin kemaren ya? Mudah-mudahan bisa jadi awal untuk bisa jadi content creator sukses yaaaa
Walaupun tak menang, tapi cukup puas kan cut. Mendapatkan ilmu baru dan juga hati ikut senang karena sudah mempelajari sesuatu.
Nurhilmiyah said…
Program beasiswa ini bisa jadi penambah portofolio ya, pernah mendapatkan beasiswa dari Kominfo, lumayan menjadi sisi plus kalau wawancara kerja (semisal punya niat kerja kantoran) tp pilihan anak zaman now sukanya jadi wirausaha ya
lrdailyroutine said…
yang penting ilmu yang didapat ya kan kak. karena menang itu adalah bonus, jadi ya gpp yang penting ilmunya sudah didapat. semangat terus kak.
Kemarin saya dapat infonya kak. Mau coba daftar. Eh, terlupa dan belum sempat. Mungkin di next kesempatan bisa nyoba nih. Kadang beasiswa enggak dalam bentuk uang ya kan kak. Belajar gratis aja sudah syukur sekali rasanya. Mantap-mantap. Pejuang beasiswa, siapa takut?
Sindi Nur Elia said…
Mantap mbaknya, setidaknya memperoleh ilmunya sudah cukup baik👍🏻
Semangat terus mbak🙏🏻💪
Yanti Ani said…
Wah keren banget beasiswanya. Ada syaratnya gak sih? Materinya sangat mendukung pekerjaan digital sekarang ini
Siska hasibuan said…
Masyaa Allah cut. Bisa dapet pengalaman beasiswa itu alhamdulillah. Kesempatan belajar dan ilmunya yang penting di dunia digital. Sukses terus dan terus semangat ya cut.👍
riniawati said…
pengetahuan yang bermanfaat untuk sekarang ini kan ya ?, SEO, SEM dan marketing ecommerce itu, bisa jualan di marketplace dan laris ditunjang SEO, SEM, penasaran pengen ikutan juga pelatihannya tapi bisa ga ya

Popular posts from this blog

Serunya Jadi Field Education Consultant Ruangguru

Time flies. Akhirnya setelah lulus kuliah dan berbagai drama kehidupan, keinginan untuk bekerja di Ruangguru terkabul. Tapi bukan di posisi yang sesuai keinginan. Herannya, walaupun bukan role yang aku pengen, tapi beberapa job description- nya pas banget sama apa yang aku harapkan. Persis. Dari situ, aku belajar, kayaknya kalo mau berdoa, isi doanya harus jelas dan detail. Karena Allah bakalan ngabulin suatu saat nanti.     Gathering Akhir Tahun Regional Sumbagut I Proses Rekrutmen Program STAR Hingga Jadi Karyawan Aku bergabung di Ruangguru lewat program STAR (Sales Trainee Academy Ruangguru) Batch 10 tahun 2020. Awalnya sempat ragu, tapi karena aku punya kekaguman yang besar tentang misi Ruangguru terlebih karena terinspirasi oleh Iman Usman dan Belva Devara, akhirnya aku coba posisi ini.  Proses rekrutmen tidak terlalu lama. Kurang lebih 2 minggu setelah CV screening, email dari Ruangguru masuk ke inbox Gmail pribadiku yang berisikan jadwal wawancara. Wawancara pun dilakukan secar

Career Shifting Digital Marketing di Rakamin Academy

sumber: beritakubaru “Aku mau punya karir di bidang digital”, kata-kata ini jadi awal mula atas keputusan impulsif yang aku buat awal tahun 2022: career shifting , mengubah jalan karir di dunia digital. Ini bukan kali pertama aku bergelut dalam dunia digital. Sudah setahun berjalan membuat konten harian di Instagram dengan ilmu desain grafis yang cetek. Hanya bermodal percaya diri dan kemampuan desain seadanya. Tapi aku suka. Entahlah, sesuatu yang kita suka membuat kita bertahan. Akhirnya, aku memutuskan untuk mengasah kemampuan di bidang digital marketing lebih dalam lagi. Berdasarkan laporan dari World Economic Forum Tahun 2021 yang bertajuk The Future of Job, digital marketing and strategy specialist masuk ke dalam 10 jenis pekerjaan paling dicari . Ini berarti digital marketing adalah salah satu bidang pekerjaan yang akan semakin dipakai di era teknologi yang makin canggih ini. Setelah berbagai pertimbangan, akhirnya aku memutuskan untuk memilih Bootcamp Digital Marketing Rak