Skip to main content

4 Destinasi Di Tangkahan Yang Wajib Dikunjungi!

Konservasi gajah tangkahan
Konserasi Gajah Tangkahan

Keindahan Tangkahan memang tak ada habisnya. Meski jauh di pedalaman dan butuh perjuangan untuk sampai ke sana, tapi percayalah hasilnya tak mengecewakan.  Selama 2 hari 1 malam di Tangkahan, apa saja yang menjadi destinasi wisata di The Hidden Paradise itu? Simak di bawah ini!

1. Konservasi Gajah

Konservasi gajah tangkahan
CRU, Tangkahan (sumber: jendelamamak.com)

Tangkahan adalah salah satu lokasi konservasi atau penangkaran gajah di Sumatera Utara. Berwisata ke Tangkahan tak sah rasanya bila tidak mengunjungi tempat konservasi gajah ini. Salah satu aktivitas bersama gajah adalah Elephant Bathing atau memandikan gajah. Biasanya dimulai jam 8.30 pagi. Tentu saja ada Mahot alias pawang gajah yang selalu berada di dekat gajah. Jadi jangan khawatir. Setiap orang dikenakan tarif Rp. 100.000 untuk elephant bathing di sungai.


Selain memandikan gajah, kamu juga bisa naik gajah dengan tarif Rp. 30.000 per orang dan trekking mengelilingi hutan bersama gajah seharga Rp. 650.000 – Rp. 850.000. Tapi jika kamu ingin melihat saja dari jauh, gratis kok. Tapi di 2020 lalu, orang-orang hanya boleh melihat dari jauh karena takut menularkan virus ke gajah. Untungnya, kami sempat berhenti di area kandang saat bermain arung jeram. Kami melihat gajah dikeluarkan dari kandang untuk mandi dan makan.

Daerah Konservasi Gajah (sumber: jendelamamak.com)

2. Tubing

Aktivitas yang juga harus kamu coba adalah Tubing. Berupa kumpulan beberapa ban yang diikat menjadi satu. Kamu tinggal duduk manis sambil menikmati hijaunya pemandang dan segarnya udara Tangkahan. Kami harus menempuh perjalanan naik motor atau mobil untuk menuju ke tempat yang lebih tinggi. Lalu menuruni anak tangga ke sungai. Kami ditemani satu orang guide.


Di perjalanan kami lewat lokasi konservasi gajah di seberang sungai dan berhenti sebentar untuk mengambil momen foto bersama gajah dari jauh. Setelah melanjutkan perjalanan kami juga bertemu Theo, gajah paling tua yang sedang mandi. Tiba-tiba, Theo menyemburkan air dengan belalainya ke kami. Senang sekaliiii. 


Perjalanan tubing dilanjutkan ke destinasi berikutnya yaitu air terjun. Tubing dan Trekking ini kisaran harganya adalah Rp. 400.000

3. Air Terjun

Air terjun Tangkahan
Air Terjun, Tangkahan (sumber: jendelamamak.com)

Pemandu membawa kami ke tempat air terjun tersembunyi. Tak terlalu besar tapi cukup menyenangkan hati untuk merasakan kucuran air dari atas. Air terjunnya terdiri dari beberapa tingkat sehingga kita bisa memilih untuk naik ke yang sangat tinggi atau rendah saja. Salah satu lokasi wajib foto lah intinya hehe. 

4. Sumber Air Panas

Hal menakjubkan lain dari Tangkahan adalah adanya sumber air hangat di beberapa bagian tebing. Cara menuju ke sana harus berjalan kaki naik turun bebatuan tapi seruuu! 


Lokasi air hangat ini di seberang sungai. Posisinya tersembunyi dan kecil sekali di antara tebing. Hanya muat satu orang di tempat air hangat itu. Jadi harus bergantian. Aku sampai heran, kok bisa ada lokasi itu dan bercampur air dingin, tapi air ya tetap hangat!


tangkahan
Jembatan Tangkahan (sumber: jendelamamak.com)

Oiya, kamu pernah denger lagu Adu Rayu yang dinyanyikan Tulus dan Glenn Fredly dong? Nah, ini jembatan lokasi syuting pas adegan Velove Vexia ketemu Nicholas Saputra. Jadi, Tangkahan adalah salah satu lokasi syuting yang dipakai untuk video clip lagu Adu Rayu. 


Seru yah bisa merasakan nikmatnya air dan suasana alam Tangkahan. Yakin masih nggak pengen ke Tangkahan?

Comments

mimoui-story said…
Dulu sekali sudah pernah ke tangakahan untuk camping bareng2 temen2 pecinta Alan sebagai simpatisan. Untuk jalan2 cantik k tangakahan Di bagian yg ini belum Jadi-jadi terealisasi. Baca ini JD tambah kepingin.
Mengunjungi tempat konservasi gajah memang menjadi sebuah hal menyenangkan kalo ke tangkahan.
.
Tubing ini yang belum tergambar,
Sayangnya tidak ada dokumentasi foto ya
LinRaNa Mom said…
Tubing itu kayak arung jeram bukan ya...
kalo gak salah sih tubing tu arung jeram.
Kami juga belom pernah ke Tangkahan.
Pernah ngajakin keluarga besar untuk main-main ke Tangkahan, tapi mereka kurang mau karena mengingat jalan yang ditempuh jelek.
Apa betul jalan ke Tangkahan masih jelek?
Rizky Nasution said…
Salah satu tempat yg pengen aku kunjungi nih, tapi belum pernah sekalipun 😢 tapi baca artikel ini setidaknya terobatilah sedikit 🤭
Nurhilmiyah said…
Pingin ngerasain yang Tubing itu kayaknya seru ya Cut, pasti bikin otak lebih encer karena menghirup udara segar dari alam dan kegiatannya seru.
Akses jalan nya udah bagus atau masih batu2 mbak
jendelamamak said…
Ahhh... seru ya. Pengen kesana lagi ni. Anak-anak udah bisa diajak tubing bareng.
jendelamamak said…
masih banyak batu di beberapa titik kak. Karena memang melewati perkebunan kelapa sawit.
Aktivitas tubing bisa dinikmati mulai usia berapa sih dek?
Kayaknya seru juga kalo bawa anak kami nyobain tubing di tangkahan
lrdailyroutine said…
lokasi air hangat di tangkahan awak blom pernah lah kak. klo kesana aktivitas bersama gajah ini yg jadi aktivitas wajib keknya yakan kak.
belum pernah kesana pengen banget jalan kesana ajak anak-anak lihat gajah dan hewan lainnya pasti seru apalagi main air di air terjunnya itu.
Destinasi di tangkahan ini cocok banget deh buat keluar dan memperkenalkan untuk mencintai alam. Apalagi ada konservasi gajah ini. Saya lihatnya gemas dari jauh. Pasti seru kalau ke mari.
Bocah Udik said…
Aku kangen banget sama Tangkahan ini. Dulu tiap bulan sering ke Tangkahan waktu di Medan. Tapi sekarang hanya bisa kesana melalui baca tulisan aja.
Ceritajalan.com said…
Memang impian kali tangkahan ini, tapi ya ditahan dulu lah bocil ini masih belum bisa dibawa jauh ke dlm hutan hehhe

Popular posts from this blog

Dapat Beasiswa Pelatihan Karir Digital Talent Scholarship dari Kominfo x Rakamin

digitalent.kominfo.go.id Terhitung dari tahun lalu hingga sekarang, sudah setahun aku memegang akun media sosial sebuah kursus bahasa asing online bernama @daretotry_id yang didukung oleh BibitBahasa sebagai content creator akun tersebut. Dare to Try sendiri menyediakan program belajar bahasa Inggris, bahasa Korea, dan bahasa Jepang. Ntar aku bahas sendiri yah, hihi. Tiba-tiba di suatu siang, WhatsApp ku berbunyi tanda chat masuk. Ternyata kakakku mengirimkan sebuah flyer berisi program beasiswa belajar Digital Marketing. Program itu bernama Digital Talent Scholarship yang diselenggarakan oleh Kominfo bekerja sama dengan startup pendidikan bernama Rakamin. Awalnya aku sempat ragu untuk mendaftar. Tapi setelah berpikir panjang, aku ikut seleksinya karena aku ingin mengoptimasi akun sosial media yang aku pegang untuk meningkatkan brand awareness dan mendatangkan banyak conversion. Apa itu Rakamin? rakamin.com Rakamin adalah salah satu startup pendidikan berbasis online yang berfokus p

Serunya Jadi Field Education Consultant Ruangguru

Time flies. Akhirnya setelah lulus kuliah dan berbagai drama kehidupan, keinginan untuk bekerja di Ruangguru terkabul. Tapi bukan di posisi yang sesuai keinginan. Herannya, walaupun bukan role yang aku pengen, tapi beberapa job description- nya pas banget sama apa yang aku harapkan. Persis. Dari situ, aku belajar, kayaknya kalo mau berdoa, isi doanya harus jelas dan detail. Karena Allah bakalan ngabulin suatu saat nanti.     Gathering Akhir Tahun Regional Sumbagut I Proses Rekrutmen Program STAR Hingga Jadi Karyawan Aku bergabung di Ruangguru lewat program STAR (Sales Trainee Academy Ruangguru) Batch 10 tahun 2020. Awalnya sempat ragu, tapi karena aku punya kekaguman yang besar tentang misi Ruangguru terlebih karena terinspirasi oleh Iman Usman dan Belva Devara, akhirnya aku coba posisi ini.  Proses rekrutmen tidak terlalu lama. Kurang lebih 2 minggu setelah CV screening, email dari Ruangguru masuk ke inbox Gmail pribadiku yang berisikan jadwal wawancara. Wawancara pun dilakukan secar

Career Shifting Digital Marketing di Rakamin Academy

sumber: beritakubaru “Aku mau punya karir di bidang digital”, kata-kata ini jadi awal mula atas keputusan impulsif yang aku buat awal tahun 2022: career shifting , mengubah jalan karir di dunia digital. Ini bukan kali pertama aku bergelut dalam dunia digital. Sudah setahun berjalan membuat konten harian di Instagram dengan ilmu desain grafis yang cetek. Hanya bermodal percaya diri dan kemampuan desain seadanya. Tapi aku suka. Entahlah, sesuatu yang kita suka membuat kita bertahan. Akhirnya, aku memutuskan untuk mengasah kemampuan di bidang digital marketing lebih dalam lagi. Berdasarkan laporan dari World Economic Forum Tahun 2021 yang bertajuk The Future of Job, digital marketing and strategy specialist masuk ke dalam 10 jenis pekerjaan paling dicari . Ini berarti digital marketing adalah salah satu bidang pekerjaan yang akan semakin dipakai di era teknologi yang makin canggih ini. Setelah berbagai pertimbangan, akhirnya aku memutuskan untuk memilih Bootcamp Digital Marketing Rak