Skip to main content

Career Shifting Digital Marketing di Rakamin Academy

digital marketing
sumber: beritakubaru

“Aku mau punya karir di bidang digital”, kata-kata ini jadi awal mula atas keputusan impulsif yang aku buat awal tahun 2022: career shifting, mengubah jalan karir di dunia digital. Ini bukan kali pertama aku bergelut dalam dunia digital. Sudah setahun berjalan membuat konten harian di Instagram dengan ilmu desain grafis yang cetek. Hanya bermodal percaya diri dan kemampuan desain seadanya. Tapi aku suka. Entahlah, sesuatu yang kita suka membuat kita bertahan.

Akhirnya, aku memutuskan untuk mengasah kemampuan di bidang digital marketing lebih dalam lagi. Berdasarkan laporan dari World Economic Forum Tahun 2021 yang bertajuk The Future of Job, digital marketing and strategy specialist masuk ke dalam 10 jenis pekerjaan paling dicari. Ini berarti digital marketing adalah salah satu bidang pekerjaan yang akan semakin dipakai di era teknologi yang makin canggih ini. Setelah berbagai pertimbangan, akhirnya aku memutuskan untuk memilih Bootcamp Digital Marketing Rakamin Academy dan belajar di kelas virtual lagi.

Materi Belajar Digital Marketing

Selama kurang lebih 4 bulan ini aku mempelajari berbagai hal tentang digital marketing meliputi Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Google Ads, Facebook Ads, Social Media Marketing, Content Marketing, Customer Relationship Management, KOL Management, dan lain sebagainya.

Semua materi ini diajarkan oleh tutor yang ahli di bidangnya dari berbagai perusahaan seperti Unilever, Gojek, Grab, Tokopedia, International Agency, dan masih banyak tutor berpengalaman dari perusahaan lainnya.

Menggarap Final Project Digital Marketing

Rakamin digital marketing final project
Presentation Deck Aftur  

Final project adalah tugas akhir pada bootcamp ini. Tujuannya agar aku dan siswa lainnya bisa menerapkan pengetahuan tentang digital marketing yang sudah kami pelajari selama ini. 

Kami dibagi menjadi 8 kelompok. Masing-masing kelompok mendapat client dan bertugas mengoptimasi pemasaran digital UMKM. Tentu ada budget yang bisa digunakan untuk mencapai objektif tiap kelompok.

Oiya, jika diantara kalian ada yang berminat untuk mendaftarkan usaha rintisan kalian agar bisa dikelola selama satu bulan secara GRATIS, feel free untuk cek Instagramnya Rakamin yah! Lumayan nambah followers, engagement, sama untung-untung ada yang beli hehe. Kebanyakan final project sih selalu ada produk yang kejual. Jumlahnya berbeda tergantung bagaimana strategi tiap kelompok. Terlebih pemilik usaha tidak perlu keluar biaya.

Aku bersyukur mendapat tim yang cukup kooperatif dan punya sisi ambisius tersendiri dalam final project ini. Sejujurnya, aku ingin mengerjakan semuanya all out untuk dapat hasil terbaik. Ya, usaha aja dulu. Tak dipungkiri, di tengah perjalanan pasti selalu ada kendala seperti menentukan waktu meeting di kala puasa, kendala teknis, dll. Beruntungnya semua bisa dilewati dan tetap berjalan lancar.

Mendapatkan Penghargaan

Rakamin digital marketing final project
Best Group in Final Project

Graduation day is here! Setelah belajar 4 bulan akhirnya lulus belajar digital marekting dari Rakamin Academy dan resmi wisuda ketiga kalinya: S. XLFL, S. E, S. DM Rakamin. Hahaha. Belajar itu seru nggak sih?! Ada speech dari Mas Andika, CEO Rakamin, dan speech Mas Brama, Socmed Lead Grab dan salah satu mentor favorit aku, dan terakhir pengumuman Best Final  Project, Best Student in Final Project, dan 2 Best Students selama kelas berjalan.

Sejujurnya, timku lumayan berharap bisa menang di Final Project kali ini. Juri sangat mengapresiasi presentasi kami dan memberi feedback positif mulai dari flow presentasi, cara penyampaian, optimasi, dan hasil. Tapi sebelum pengumuman nggak boleh berekspektasi terlalu tinggi, kupikir. Tahun lalu aku dapat beasiswa Pelatihan Social Media Specialist dari Kominfo bekerja sma dengan Rakamin dan menggarap final project juga, timku percaya satu hal: yakin menang. Tapi ternyata tidak bisa memenangkan hati para juri, cukup memenangkan hati kami saja.

Namun, tahun ini Allah memberi rezeki lain. Nama tim We Win yang kami harap adalah doa, berujung menjadi nyata. Tim kami mendapat penghargaan sebagai Best Final Project. Bangganya akuuuu! Usaha sebulan yang banyak pusingnya dapat hasil terbaik. Nggak hanya itu, Allah juga titipkan rezeki kepadaku untuk jadi Best Student in Final Project. Demi apapun aku terkejut. Aku mengira temanku yang lebih pantas mendapat penghargaan itu berdasarkan ceritanya menggarap final project ini.

Ah, bahagianya saat namaku disebut.. Apalagi saat koordinator kelasku mengumumakannya dengan iringan musik bak acara penghargaan-penghargaan keren. Lengkap rasanya kebahagiaan hari itu.

Setelah ini, aku bersiap untuk hari-hari yang lebih menantang mulai dari bergelut dengan mini project dan internship. Semoga Allah beri aku kekuatan atas jalan yang kupilih.

Setelah berbagai pelajaran tentang digital marketing di Rakamin, semoga ilmu ini bisa aku terapkan di pekerjaan berikutnya dan menuju karir impian di masa depan. Mudah-mudahan juga bisa diajarkan ke orang lain supaya bermanfaat. Semangat buat siapapun yang sekarang lagi bangun karir kalian ya! Walaupun kadang prosesnya terasa lama, tapi berprogres tetap yang utama. It’s okay to make small progress. Small progress is still a progress, right?

Comments

Ya, aku juga pernah baca kl The Future of Job, digital marketing and strategy specialist, termasuk dalam 10 jenis pekerjaan paling dicari. Dunia makin canggih,, wajib nih belajar digital marketing
Memang paling seru kalo bekerja dan belajar sesuai passion kita ya cut. Jadinya lebih semangat dan banyak pengalaman yang menyenangkan. Selamat ya cut tahun ini ternyata memenangkan hati juri
Ceritajalan.com said…
Saya banget ini digital marketing, hehee, kerja sesuai passion, bayaran jg bisa nego sesuai harapan dan lagi kerjanya bisa remot darimana saja
Nurhilmiyah said…
Kekuatan semangat bikin jadi best group in final project ya,, keren Cut lanjutkan perdalam ilmi digital marketingnya, suatu saat dan sudah dirasakan juga mulai sekarang, pasti akan sangat dibutuhkan
Nufa Zee said…
digital marketing memang skill yang harus dimiliki deh, bahkan harus terus di update karena dia berkembang, aku selalu senang kalau ada pelatihan begini, gak bosan ngikutinnya

Popular posts from this blog

Dapat Beasiswa Pelatihan Karir Digital Talent Scholarship dari Kominfo x Rakamin

digitalent.kominfo.go.id Terhitung dari tahun lalu hingga sekarang, sudah setahun aku memegang akun media sosial sebuah kursus bahasa asing online bernama @daretotry_id yang didukung oleh BibitBahasa sebagai content creator akun tersebut. Dare to Try sendiri menyediakan program belajar bahasa Inggris, bahasa Korea, dan bahasa Jepang. Ntar aku bahas sendiri yah, hihi. Tiba-tiba di suatu siang, WhatsApp ku berbunyi tanda chat masuk. Ternyata kakakku mengirimkan sebuah flyer berisi program beasiswa belajar Digital Marketing. Program itu bernama Digital Talent Scholarship yang diselenggarakan oleh Kominfo bekerja sama dengan startup pendidikan bernama Rakamin. Awalnya aku sempat ragu untuk mendaftar. Tapi setelah berpikir panjang, aku ikut seleksinya karena aku ingin mengoptimasi akun sosial media yang aku pegang untuk meningkatkan brand awareness dan mendatangkan banyak conversion. Apa itu Rakamin? rakamin.com Rakamin adalah salah satu startup pendidikan berbasis online yang berfokus p

Serunya Jadi Field Education Consultant Ruangguru

Time flies. Akhirnya setelah lulus kuliah dan berbagai drama kehidupan, keinginan untuk bekerja di Ruangguru terkabul. Tapi bukan di posisi yang sesuai keinginan. Herannya, walaupun bukan role yang aku pengen, tapi beberapa job description- nya pas banget sama apa yang aku harapkan. Persis. Dari situ, aku belajar, kayaknya kalo mau berdoa, isi doanya harus jelas dan detail. Karena Allah bakalan ngabulin suatu saat nanti.     Gathering Akhir Tahun Regional Sumbagut I Proses Rekrutmen Program STAR Hingga Jadi Karyawan Aku bergabung di Ruangguru lewat program STAR (Sales Trainee Academy Ruangguru) Batch 10 tahun 2020. Awalnya sempat ragu, tapi karena aku punya kekaguman yang besar tentang misi Ruangguru terlebih karena terinspirasi oleh Iman Usman dan Belva Devara, akhirnya aku coba posisi ini.  Proses rekrutmen tidak terlalu lama. Kurang lebih 2 minggu setelah CV screening, email dari Ruangguru masuk ke inbox Gmail pribadiku yang berisikan jadwal wawancara. Wawancara pun dilakukan secar